Selasa, 28 Februari 2012

Rebo Buntung/Bontong #wisatareligi #budayalotim

Rabu 18 januari 2012, event Lombok kembali bergulir. Kali ini Event Rebo Buntung ato Rebo Bontong merupakan ritual yang lahir dari nenek moyang Suku Sasak dan event tahunan yang digelar oleh Pemkab Lombok Timur dan Panitia Lokal dalam rangka perkenalan budaya asli Sasak yg menjadi khasanah budaya Nasional serta menjadi event atas rasa syukur terhadap yang maha kuasa yang telah memberikan berkah dengan hasil bumi yang melimpah. Rebo Buntung juga menjadi tanda dimana Lombok Timur juga mempunyai potensi Wisata Bahari yang harus dikembangkan dan siperkenalkan.

Rebo Buntung diselenggarakan di Pantai Tanjung Menangis, Ketapang, Pringgabaya - Lombok Timur, sekitar 3 km dari Pasar Pringgabaya. Acara ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut dan menampilkan berbagai kesenian daerah, dan puncak acaranya pada hari rabu tanggal 18 januari yg diisi dengan dengan rangkaian acara puncak, seperti arak-arakan hasil bumi dan Pesajen/Sesajen yang berupa kepala sapi untuk ditenggelamkan ke laut. Turut hadir pula Bpk. Bupati lombok Timur H.M Sukiman Azmy dan Pemangku Adat Sasak tertua beserta rombongan.

Rebo Buntung/Bontong dan Tetulaq Tamperan mempunyai banyak makna, menjadi ritual adat Sasak yang diselenggarakan pada bulan Shafar di bulan purnama, Rebo Buntung juga dinamakan acara Mandi Shafar, karna yang menjadi pusat perhatian pada acara ini adalah orang-orang Pringgabaya berbondong-bondong untuk melakukan pemandian atau bersuci di pantai Tanjung Menangis. Selain itu, Pemkab Lotim dalam sambutan mereka mengatakan bahwa Event Rebo Buntung ini akan tetap diselenggarakan setiap tahun, agar wisata bahari Lombok Timur dikenal oleh masyarakat dunia.

Foto-foto Ritual Adat Rebo Buntung:














Tidak ada komentar:

Posting Komentar